My Inspirations

My Inspirations

9 Okt 2013

Lingkaran


Banyak dijumpai disekitar kita benda-benda atau bagian dari benda ynag berbentuk Lingkaran. Lebih-lebih untuk benda-benda yang berputar biasanya menggunakan bentuk lingkaran. Misalkan roda gigi mesin, roda berbagai jenis kendaraan. Kemudian, cobalah Anda bayangkan apa yang akan terjadi jika roda kendaraan tidak berbentuk Lingkaran. Dengan dipilihnya roda berbentuk lingkaran maka akan dapat mempercepat jalannya kendaraan, menambah kenyamanan dalam berkendara. Contoh tersebut menunjukkan kegunaan dari lingkaran yang sangat berfaedah membantu kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Kemudian definisi Lingkaran itu sendiri apa? Lingkaran adalah lengkung tertutup yang semua titik-titik pada lengkung itu berjarak sama terhadap suatu titik tertentu dalam lengkungan itu. Titik tertentu dalam lengkungan itu disebut pusat lingkaran dan jarak tersebut disebut jari-jari lingkaran.

Istilah-istilah berikut berhubungan dengan lingkaran. Walaupun beberapa diantaranya sudah didefinisikan sebelumnya, di sini istilah-istilah itu diulang kembali sebagai tinjauan ulang.
Lingkaran (circle) adalah kumpulan semua titik di dalam suatu bidang yang berjarak sama dari titik pusat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar