My Inspirations

My Inspirations

4 Mar 2014

Contoh Program Tahunan Kurikulum 2013


PROGRAM TAHUNAN

Sekolah                        :  
Mata Pelajaran             :  MATEMATIKA
Kelas / Semester          :  XII/1 dan 2
Tahun pelajaran           :  2013/2014

Kompetensi Inti

Kl 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Kl 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleransi, damai), santun, responsif dan pro aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam interaksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Kl 3
:
memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
Kl 4
:
mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.


Sem.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Ket
1
2.1   Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggung jawab, tangguh, dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari.
2.2   Mengembangkan rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa percaya diri, dan sikap kritis dalam menyelesaikan matematika dan masalah konstektual
Matriks dalam sistem persamaan linier.

4 x 4 jam pelajaran


1
3.1   Mendiskripsikan dan menganalisis konsep matrik dalam sistem persamaan linier dan transformasi dalam geometri koordinat serta menerapkannya dalam memecahkan masalah nyata yang berkaitan.

1
2.1   Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggung jawab, tangguh dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari.
2.2   Mengembangkan rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa percaya diri dan sikap kritis dalam menyelesaikan matematika dan masalah konstektual.
Vektor
4 x4 jam pelajaran

1
3.2   Mendiskripsikan dan menganalisis konsep scalar dan vector dan menggunkannya untuk membuktikan sebagai sifat terkait jarak dan sudut serta menggunakannya dalam memecahkan masalah

1
4.1   Memecahkan masalah dan menggunakan kaidah-kaidah vektor

1
4.2   Merencanakan dan melaksanakan strategi yang efektif dalam mengaplikasikan konsep dan operasi, dan sifat-sifat matrik dalam memecahkan masalah nyata terkait sistem persamaan linier dan transformasi geometri, serta menginterpretasikan, menganalisis makna hasil pemecahan masalah.
Transformasik Geometri
2 x 4 pelajaran

1
2.1   Memiliki sifat jujur dan konsisten, bertanggungjawab, tangguh, konsisten dan jujur dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari.
2.2   Mengembangkan rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa percaya diri dan sikap kritis dalam menyelesaikan matematika dan masalah konstektual.
Komposisi transformasi geometri
4 x 4 jam pelajaran

1
3.3   Menerapkan konsep dan aturan komposisi transformasi geometri koordinat dalam menyelesaikan matematika dan masalah konstektual.

1
4.3   Memecahkan masalah dengan menggunakan konsep dan aturan komposisi beberapa transformasi geometri koordinat.

2
3.4   Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri
Notasi Sigma, Barisan dan Deret, serta Induksi Matematika

2 x 4 jam pelajaran

2
4.4   Memecahkan masalah dengan menggunakan rumus dan membuktikannya dengan induksi matematik

2
3.5   Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen  dalam pemecahan masalah
Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Eksponen

1 x 4 jam pelajaran


3.6   Menggambar grafik fungsi ekonen dan menjelaskan sifat-sifat eksponen yang digunakan

2
3.7   Menggunakan sifat-sifat fungsi logaritma dalam pemecahan masalah.
Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Logaritma

1 x 4 jam pelajaran

2
2.1   Memiliki sifat jujur dan konsisten, bertanggungjawab, tangguh, konsisten dan jujur dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari.
2.2   Mengembangkan rasa ingin tahu, motivasi internal, rasa percaya diri dan sikap kritis dalam menyelesaikan matematika dan masalah konstektual.
Integral tentu
5 x 4 jam pelajaran

2
3.8   Mendeskripsikan dan menerapkan konsep dan aturan integral tentu untuk membuktikan dan menyelesaikan masalah terkait luas daerah di bawah kurva, daerah di antara dua kurva dan volume benda putar.

2
3.9   Menganalisis grafik fungsi aljabar dan trigonometri dan menerapkan konsep dan aturan integral tentu untuk menentukan panjang kurva pada internal tertentu.

2
4.5   Memecahkan masalah nyata dengan menerapkan berbagai konsep dan aturan integral tentu terkait luas daerah, volume benda putar dan panjang kurva dengan mengolah data, memilih variable, menginterpretasi masalah dalam gambar dan membuat modal masalah dan menyelesaikannya.

2
2.3   memiliki sifat jujur dan konsiten, bertanggung jawab, tangguh dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari.
2.4   mengembangkan rasa ingin tahun, motivasi internal, rasa percaya diri dan sikap kritis dalam menyelesaikan matematika dan masalah konstektual.
Integral Parsial
5 x 4 jam pelajaran

2
3.10            mendeskripsikan dan menganalisis konsep dan aturan untuk melakukan integral parsial terhadap berbagai bentuk fungsi aljabar dan trigonometri

2
4.6   memecahkan masalah nyata dengan meentukan konsep dan aturan untuk melakukan untuk integral parsial terhadap berbagai bentuk fungsi aljabar dan trigonometri.

Jumlah Jam Pelajran
120 jam pelajaran


           .....................................

             Mengetahui,                                                                    
            Kepala                                                                                                  Guru Mata Pelajaran




             Ihsan Hermawan                                                         .....................................





Tidak ada komentar:

Posting Komentar